Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah daftar yang mencerminkan kinerja suatu perusahaan dalam suatu periode akuntansi. Periode akuntansi bisa mingguan, bulanan, triwulan atau tahunan. Namun, umumnya laporan laba rugi disusun bulanan. Laporan laba rugi berisi pendapatan dan beban (expense) yang terjadi pada suatu periode akuntansi.Pendapatan (revenue/income) adalah peningkatan aktiva atau penurunan kewajiban akibat penyerahan barang atau jasa pada suatu periode akuntansi. Beban adalah sejumlah pengorbanan untuk menghasilkan pendapatan atau memberikan manfaat ekonomis pada suatu periode akuntansi. Contoh: beban gaji (salaries expense), beban sewa (rent expense),beban penyusutan (depreciation expense) dan sebagainya.
Biasanya pendapatan dikelompokkan menjadi pendapatan dan pendapatan lain-lain.
Pendapatan  lain-lain adalah pendapatan yang tidak berhubungan langsung dengan aktivitas utama. Contohnya pendapatan bunga bank (interesrs earning). Pendapatan lain-lain disajikan setelah beban usaha. Begitu juga dengan beban dibagi menjadi beban usaha dan beban lain-lain.
Beban lain-lain merupakan beban yang tidak langsung berhubungan dengan aktivitas usaha. Contohnya biaya administrasi bank.Perusahaan adakalanya membagi lagi beban usaha menjadi beban penjualan dan beban administrasi dan umum. Perbedaan laporan laba rugi antara perusahaan dagang dan jasa, pada perusahaan dagang memuat perkiraan harga pokok penjualan. Umumnya laporan laba rugi disajikan dalam bentuk laporan (report form). Berikut ini contoh laporan laba rugi untuk perusahaan dagang dan jasa.

PT SUKAWANA
LAPORAN LABA-RUGI
Bulan Januari 2013

Penjualan Barang Dagangan
Harga Pokok Penjualan
Persediaan Awal Barang Dagangan
Pembelian
Persediaan Akhir Barang Dagangan
Harga Pokok Penjualan
Beban
Gaji
Beban Angkut
Beban penyusutan
Beban lainnya
Pendapatan Lain-lain
Bunga Bank
Beban Lain-lain
Biaya Administrasi Bank
Laba sebelum pajak

SALON ONENG
Pendapatan
Beban Usaha
Gaji
Komisi
Listrik
Gas
Air

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com
.