Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Pengertian Laporan Keuangan

Produk dari akuntansi adalah laporan keuangan.Laporan keuangan ini berisi informasi yang menggambarkan kondisi dan kinerja suatu perusahaan. Informasi ini berguna untuk pengambilan keputusan. Untuk siapa laporan keuangan dihasilkan ? Pemakai laporan keuangan sebenarnya bisa dibagi dua yaitu pihak internal dan eksternal. Pihak internal adalah manajemen perusahaan.
Sedangkan pihak eksternal adalah fiskus (pajak), bank, investor dan akuntan publik.
Umumnya laporan keuangan terdiri dari neraca (balance sheet), laporan laba-rugi (profit and loss statement), laporan perubahan modal, laporan keuangan sebagai alat analisa kondisi dan kinerja perusahaan arus kas (cash flow statement) dan catatan atas laporan keuangan (notes of financial statement). Jenis perusahaan pada dasarnya bisa dibagi menjadi tiga yaitu perusahaan dagang, jasa dan industri.
Karakteristik ketiga jenis perusahaan ini tentu berbeda sehingga laporan keuangannya juga berbeda. Perusahaan dagang aktivitasnya membeli barang, menyimpan kemudian menjualnya. Contoh perusahaan dagang: super market, toko buah-buahan, toko buku, distibutor dan sebagainya. Perusahaan jasa aktivitasnya memberikan jasa (service) kepada pelanggan. Contohnya: salon, perusahaan transportasi, akuntan publik, konsultan dan sebagainya. Perusahaan industri aktivitasnya membeli bahan baku, mengolahnya menjadi barang jadi kemudian menjual barang jadi tersebut. Jadi ada proses produksi yaitu pengolahan bahan baku (raw material) menjadi barang jadi (finished goods).
Buku ini akan membahas bagaimana menyiapkan laporan keuangan untuk perusahaan dagang dan jasa.

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com
.