Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

NERACA

Neraca adalah laporan yang menggambarkan posisi keuangan perusahaan pada saat tertentu. Isinya terdiri dari harta (asset / aktiva), hutang (kewajiban / liabilities) dan modal (ekuitas / equity). Biasanya neraca disiapkan pada akhir periode akuntansi (akhir bulan atau tahun).Untuk memudahkan analisa biasanya dibuat neraca perbandingan / komparatif antara bulan berjalan dengan bulan sebelumnya. Neraca secara harafiah berarti timbangan. Dalam bahasa Inggrisnya Balance Sheet yang berarti lembar keseimbangan. Alasan penamaan tersebut adalah jumlah aktiva harus seimbang (balance) dengan kewajiban ditambah modal. Jika digambarkan maka tampak seperti berikut ini:
 Aktiva = Kewajiban + Modal
Anatomi Neraca
Neraca terdiri dari dua bagian yaitu:
1.Judul (Heading) terdiri dari:
a. Nama Perusahaan
b. Neraca (nama laporan)
c. Tanggal neraca
2.Isi Neraca
Format neraca juga ada dua yaitu bentuk Report Form (bentuk laporan) dan T Account Form (bentuk perkiraan T). Report Form bentuknya memanjang sedangkan T account ke samping. Perbedaan antara neraca perusahaan dagang dengan perusahaan jasa terletak pada persediaan
barang dagangan (merchandise inventory). Pada perusahaan dagang ada perkiraan barang dagangan pada kelompok harta. Sedangkan pada perusahaan jasa tidak ada karena perusahaan jasa tidak memiliki persediaan. Berikut ini disajikan contoh neraca perusahaan dagang dan jasa. Bentuk laporan (report form) menyajikan neraca perusahaan dagang. Bentuk T Account menyajikan neraca perusahaan jasa.
Aktiva diurutkan berdasarkan likuiditasnya, kewajiban diurutkan berdasarkan jatuh temponya. Modal diurutkan berdasarkan kekekalannya.Urutan lengkapnya sebagai berikut:
Aktiva
Aktiva Lancar
Investasi
Aktiva Tetap
Aktiva Tak Berwujud
Aktiva Lain-lain

Kewajiban
Kewajiban lancar
Kewajiban Jangka Panjang
Kewajiban Lain-lain

Ekuitas (Modal)
Modal Saham
Agio Saham
Laba Ditahan

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com
.